Categories
Blogging

Mengetahui jenis-jenis animasi!

Apakah kamu pecinta film animasi yang sangat lucu dan mengesankan? Pada zaman yag modern ini, tentunya dunia digital sudah semakin modern dan sudah semakin memiliki banyak peminat. Salah satu bukti akan ke modern an tekhnologi yang berkembang di dunia ini, ialah terciptanya animasi. Animasi memang sebuah gambaran yang dibuat dengan sengaja oleh para manusia, dan biasanya animasi ini pun akan dipertontonkan melalui film yang sangat laris dikalangan banyak orang. Terkadang, anak-anak sampai orang dewasa pun menyukai film animasi yang menggemaskan dan tentunya alur ceritanya yang ringan dibandingkan dengan berbagai macam film atau genre dari film yang akan dipertontonkan. Tentunya, sebuah dunia per film an tidak akan lengkap tanpa adanya film animasi yang akan dipertontonkan.

film toy story 3 dimensi

Film animasi ini pun biasanya memiliki peran yang terkesan lucu dibandingkan dengan berbagai macam film lainnya. Oleh karena itu tak jarang orang lebih memilih film animasi yang akan ditonton dan dijadikan sebuah hiburan dibandingkan dengan film action ataupun film horror. Dan tentunya, dengan adanya sbeuah film animasi ini akan membuat layar televisi mu semakin berwarna dan akan membuat mu menjadi lebih menyukai akan kelucuan dan keluguan yang terkandung didalam film animasi. Serta, film animasi pun akan aman apabila ditonton oleh anak-anak. Namun, tahukah kamu bahwa film animasi ini dibagi menjadi 2 dimensi dan 3 dimensi? Tahukah kamu perbedaan antara 2 dimensi dengan 3 dimensi? Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita bahas artikel ini sampai selesai!

Apa itu animasi?

Pembahasan pertama yang akan kita bahas mengenai artikel ini, ialah pengertian mengenai animasi. Apakah kamu tahu apa itu animasi? Animasi biasanya dikatakan sebagai sebuah kumpulan gambar yang biasanya akan menghasilkan sebuah gambar yang akan bergerak, layaknya film animasi. Gambar-gambar tersebut pun kemudian akan disusun dengan sangat teratur dan sangat rapih, agar kelak mengikutin berbagai macam gerakan yang telah dilakukan pada gambar sebelumya, tentunya untuk membuat gambar layaknya video atau film. Biasanya, walau hanya dengan kurun waktu yang satu detik, tentunya akan dibutuhkan gambar sebanyak 5 gambar, dan hal tersebut pun memiliki tujuan yang akan menghasilkan sekumpulan gambar tersebut akan bergerak dengan jernih dan dengan baik.

Biasanya, dalam proses pembuatan animanis ini, dinamakan dengan Animator. Animator akan menentukan sebuah gerak ataupun objek yang terdapat didalam gambar yang telah dipersiapkan dan telah digambar olehnya tersebut. biasanya, para animator ini pun akan membuat gambar ataupun ilustrasi yang telah membuat nya terispirasi akan hal tersebut. serta, tak jarang para animator akan membuat animasi nya dengan benda-benda yang ada disekitar kita. Jadi, tentunya kita bisa menyimpulkan dengan dua hal yang snagat penting untuk membuat animasi yang cukup sulit dan memakan banyak waktu ini, ialah objek yang akan digambar dan harus dipersiapkan, serta alur pada objek yang akan menentukan gambar tersebut menjadi bergerak. Namun, rupanya dari sebuah segi visual yang ada di masyarakat ataupun seniman, animasi ini memiliki 2 sifat yang wajib ada, yakni tekstur dan warna. Jadi, bisa dikatakan bahwa animasi adalah sebuah sekumpulan pada gambar yang akan saling berhubungan ataupun saling berkaitan untuk diputar secara cepat dan berurutan serta rapih.

Apa itu 2 dimensi dalam animasi?

Kemudian, pembahasan pada artikel kita selanjutnya, ialah pengertian dan ulasan mengenai 2 dimensi dalam animasi. Apakah kamu tau pengertian 2 dimensi yang ada dalam animasi? 2 dimensi adalah sebuah karya yang menggunakan gambar, gambar tersebut basanya memakai sebuah lingkaran dengan dua dimensi yang sangat berurutan dan tentunya akan gambar tersebut akan digerakan secara cepat, berurutan, dan rapih. Mengapa harus rapih? Karena, alur cerita yang ada didalam gambar tentunya akan tercipta jika telah dilakukan gerakan secara rapih dan secara cepat. Kemudian, rupanya animasi 2 dimensi yang satu ini pun dibagi menjadi 2 jenis yang wajib kamub ketahui, berikut jenisnya:

Animasi cel

Animasi cel yang satu ini adalah sebuah bahan utama pada animasi 2 dimensi yang tentunya akan digunakan untuk sebuah animasi. Animasi cel ini pun digunakan pada saat pertama kali film animasi muncul.

Animasi path

Animasi path ini bisa dikatakan sebagai sebuah animasi yang terbventuk dari suatu objek pada gambar dan hanya memiliki sebuah gerakan dengan mengikuti garis yang telah ditentukan sebelumnya.

Apa itu 3 dimensi dalam animasi?

Kemudian, pembahasan yang akan kita bahas selanjutnya dalam artikel yang satu ini, ialah pengertian animasi 3 dimensi. Apakah kamu tahu apa itu animasi 3 dimensi? Animasi 3 dimensi adalah sebuah objek pada animasi yang biasanya akan diciptakan melalui ruang 3D itu sendiri. biasanya, pada animasi 3 dimensi ini pun terdapat sebuah objek yang akan berpindah dan akan berputan menyerupai sebuah objek asli sebelumnya. Dan tentunya, untuk membuat objek 3 dimensi ini pun menggunakan komputer atau tekhnologi canggih, bukan lagi menggunakan gambaran yang disusun. Jenis dari 3 dimensi ini sendiri pun akan dibagikan dengan tiga tahapan itu sendiri. berikut tahapannya:

Modelling

Metode modelling ini sendiri pun telah dibagi menjadi 2 metode yang berbeda-beda, yakni metode solid dan metode shell and boundary

Animation

Dalam animation disebuah karya 3 dimensi ini pun telah dibagi menjadi 6 tekhnik yang wajib untuk kamu ketahui, yakni tekhnik traditional animation, full animation, rotoscoping, live (action atau animation), dan yang terakhir rendering.

Perbedaan mengenai 2 dimensi dan 3 dimensi dalam animasi

Tentunya setiap dimensi sendiri memiliki perbedaan yang dominan dan yang akan membedakan suatu dimensi tersebut adalah ciri khas serta tekhniknya. Berikut perbedaannya:

Animasi 2 dimensi

Pada perbedaan pertama yang akan kita bahas ini, ialah 2 dimensi dalam animasi. Biasanya, 2 dimensi ini pun akan disebut dengan film kartun animasi yang biasa kamu tonton dalam film-film kartun animasi. Dan kartun sendiri memiliki artian sebagai sebuah gambar yang memiliki artian sangat lucu dan tentunya sangat mengesankan.

Contoh tersendiri mengenai animasi 2 dimensi ini, ialah sebuah film kartun Tom and Jerry yang menceritakan tentang kucing dan tikus yang tidak akan bisa bersatu dan selalu berkelahi dengan benda-benda lucu serta akan mengundang tawa. Film Doraemon yang mengisahkan tentang kartun kucing dan memiliki banyak sekali alat-alat ajaib, serta mempunyai temannya yang bernama Nobita. Dan masih banyak lagi.

Animasi 3 dimensi

Kemudian, pembahasan selanjutnya yang akan kita bahas ini, ialah animasi 3 dimensi. 3 dimensi dalam sebuah animasi ini pun bisa dikatakan sebagai dimensi yang dikembangkan dari 2 dimensi pada animasi sebelumnya. Dengan menggunakan sebuah tekhnologi 3 dimensi dalam film, tentunya film animasi yang akan kita tonton ini pun semakin terlihat hidup dan nyata, jadi kamu pun akan merasakan sebuah film animasi yang terjadi layaknya disekeliling kita.

Contoh film yang mengadaptasi 3 dimensi ini, ialah film Toy Story, yang mengisahkan tentang mainan anak-anak yang dapat bermain serta dapat berbicara. Film Finding Nemo, yang mengisahkan tentang ikan nemo menjadi ayah dan mencari anaknya yang hilang. Serta masih banyak lagi film animasi 3 dimensi lainnya.

Nah, itu dia perbedaan dan jenis mengenai animasi dalam 2 dimensi dan 3 dimensi yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!